Definisi rastafara :
Rasta,
atau Gerakan Rastafari, adalah sebuah gerakan AGAMA baru yang
MENGAKUI Haile Selassie I,
bekas kaisar Ethiopia, SEBAGAI RAJA DIRAJA, TUAN
DARI SEGALA TUAN DAN SINGA YEHUDA SEBAGAI YAH (NAMA
RASTAFARI UNTUK ALLAH, YANG MERUPAKAN BENTUK SINGKAT
DARIYEHOVAH YANG DITEMUKAN DALAM MAZMUR 68:4 DALAM ALKITAB VERSI RAJA JAMES),
DAN BAGIAN DARI TRITUNGGAL KUDUS.
Nama RASTAFARI berasal dari RAS TÄFÄRI, nama Haile Selassie I sebelum
ia dinobatkan menjadi kaisar. Gerakan ini muncul di Jamaika di
antara kaum kulit hitam kelas pekerja dan petani pada awal tahun 1930-an,
YANG BERASAL dari suatu PENAFSIRAN TERHADAP NUBUAT ALKITAB,
aspirasi sosial dan politik kulit hitam, dan AJARAN NABI MEREKA, SEORANG PENERBIT
DAN ORGANISATOR JAMAIKA KULIT HITAM, MARCUS GARVEY,
yang VISI POLITIK DAN BUDAYANYA IKUT MENOLONG MENCIPTAKAN SUATU PANDANGAN DUNIA
YANG BARU. Gerakan ini kadang-kadang disebut"Rastafarianisme"; namun
hal ini dianggap tidak pantas dan menyinggung perasaan banyak kaum Rasta.
Gerakan Rastafari telah MENYEBAR DI BERBAGAI
TEMPAT DI DUNIA, TERUTAMA MELALUI IMIGRASI DAN
MINATNYA DILAHIRKAN OLEH MUSIK NYAHBINGHI DAN REGGAE —KHUSUSNYA
MUSIK BOB MARLEY, YANG DIBAPTISKAN DENGAN
NAMA BERHANE SELASSIE (CAHAYA TRITUNGGAL) OLEHGEREJA ORTODOKS
ETHIOPIA SEBELUM IA MENINGGAL, SEBUAH LANGKAH YANG
JUGA DIAMBIL BELAKANGAN OLEH JANDANYA, RITA. PADA TAHUN 2000, ADA LEBIH DARI
SATU JUTA RASTAFARI DI SELURUH DUNIA. Sekitar 5-10% dari penduduk Jamaika
mengidentifikasikan dirinya sebagai Rastafari.
Doktrin :
Doktrin :
Rastafari berkembang di
antara penduduk yang sangat miskin, yang merasa bahwa masyarakat tidak mau
menolong mereka kecuali membuat mereka menjadi lebih menderita. Kaum Rasta
memandang diri mereka sebagai penggenap suatu visi tentang bagaimana
orang Afrika harus hidup. Meerka merebut kembali apa
yang mereka anggap sebagai kebudayaan yang telah dicuri dari mereka ketika
dibawa di kapal-kapal budak ke Jamaika,
tempat lahir gerakan ini.
Doktrin Rastafari
sangat berbeda dengan norma-norma pikiran dunia
barat modern. Hal ini DISENGAJA oleh kaum Rasta sendiri. Berbeda dengan banyak
kelompok keagamaan modern dan Kristen yang
cenderung menekankan konformitas dengan "kekuasaan yang ada", Rastafari
sebaliknya menekankan kesetiaan kepada konsep mereka tentang "Sion"
dan penolakan masyarakat modern ("Babel"). "Babel" dalam
hal ini dianggap memberontak terhadap "Penguasa Dunia Sejati" (YAH)
sejak zaman Nimrod.
"Cara hidup
ini" tidak sekadar diberikan makna intelektual, atau "keyakinan"
seperti yang biasa diistilahkan. Ini adalah masalah mengetahui atau menemukan
identitas sejati diri sendiri. Mengikut dan menyembah YAH Rastafari berarti
menemukan, menyebarkan dan "menempuh" jalan di mana orang telah
dilahirkan dengan sebenarnya.
AGAMA ini sulit
dikategorikan, karena Rastafari bukanlah suatu organisasi yang tersentralisasi.
Masing-masing Rastafari mencari kebenaran untuk dirinya sendiri, sehingga
akibatnya terdapat berbagai keyakinan yang masuk ke bawah payung besar bernama
Rastafari.
Afrosentrisme
Secara sosial,
Rastafari adalah suatu tanggapan terhadap penyangkalan rasialis terhadap
orang-orang kulit hitam sebagaimana yang dialami di Jamaika, ketika pada tahun
1930-an orang-orang kulit hitam berada pada tingkat tatanan sosial paling
bawah, sementara orang-orang kulit putih dan agama mereka (umumnya Kristen)
berada di paling atas. Anjuran Marcus Garvey agar
orang-orang kulit hitam bangga akan diri mereka dan warnisan mereka mengilhami
kaum Rasta untuk memeluk segala sesuatu yang bersifat Afrika. Mereka
mengajarkan bahwa mereka dicuci otak ketika berada dalam tawanan untuk
menyangkal segala sesuatu yang berkaitan dengan kulit hitam dan Afrika. Mereka
membalikkan citra rasialis mereka dan menganggapnya primitif dan langsung dari
hutan dan malah merangkulnya -- meskipun itu berlawanan -- dan menjadikan
konsep-konsep ini sebagai bagian dari budaya Afrika yang mereka anggap telah dicuri
dari mereka ketika mereka dibawa dari Afrika di kapal-kapal budak. Dekat dengan
alam dan dengan savana Afrika serta singa-singanya,
di dalam roh, kalau bukan secara badani, adalah gagasan sentral mereka tentang
budaya Afrika.
Hidup dekat dengan alam
dan menjadi bagian dari alam dianggap sebagai sifat Afrika. Pendekatan Afrika
terhadap "hidup dekat alam" ini terlihat dalam rambut gimbal, ganja (marijuana), makanan ital,
dan dalam segala aspek kehidupan Rasa. Mereka membenci pendekatan (atau,
seperti yang mereka pahami, non-pendekatan) modern terhadap kehidupan karena
dianggap tidak alamiah dan terlaluobjektif dan
menolak subjektivitas.
Kaum Rasta mengatakan bahwa para ilmuawn berusaha menemukan bagaimana dunia
kelihatan dari luar, sementara kaum Rasa mendekatinya dengan melihat kehidupan
dari dalam ke luar. Individu mendapatkan kedudukan sangat penting dalam
Rastafari, dan setiap Rasta harus mencari kebenaran untuk dirinya sendiri.
IDENTIFIKASI
AFROSENTRIS PENTING LAINNYA ADALAH WARNA MERAH, EMAS, DAN HIJAU,
dari warna bendera Ethiopia. WARNA-WARNA
INI ADALAH LAMBANG GERAKAN RASTAFARI, DAN KESETIAAN KAUM RASTA TERHADAP HAILE
SELASSIE, Ethiopia, dan Africa dan
bukan kepada negara modern manapun di mana mereka kebetulan tinggal. Warna-warna
ini seringkali terlihat dalam pakaian dan hiasan-hiasan lainnya. Merah melambangkan
darah para martir, hijau melambangkan tetumbuhan Afrika,
sementara emas melambangkan kekayaan dan kemakmuran yang ditawarkan
Afrika. (Sebaliknya, sejumlah PAKAR ETHIOPIA menyatakan bahwa WARNA-WARNA ini
berasal dari pepatah lama y ang mengatakan BAHWA SABUK PERAWAN MARIA ADALAH PELANGI,
DAN BAHWA WARNA MERAH, EMAS, DAN HIJAU MELAMBANGKAN SEMUANYA INI.)
Banyak dari pemeluk
Rastafari berusaha mempelajari bahasa Amharik,
yang mereka anggap sebagai bahasa aslinya,
karena inilah bahasa yang dipergunakan Haile Selassie I, dan untuk
mengidentifikasikan diri mereka sebagai orang Ethiopia—meskipun pada praktiknya
kebanyakan pemeluk Rasta tetap berbahasa Inggris atau
bahasa kelahiran mereka. Ada pula lagu-lagu reggae yang ditulis dalam bahasa
Amharik.
Haile
Selassie dan Alkitab
SEBUAH KEPERCAYAAN yang
mempersatukan banyak PEMELUK RASTAFARI adalah BAHWA RAS, SEBUAH GELAR
KEBANGSAWANAN AMHARIK,
SEPADAN DENGAN DUKE; JUGA BERARTI "KEPALA") TAFARI MAKONNEN,
yang dinobatkan sebagai HAILE SELASSIE I,
Kaisar Ethiopia PADA 2 NOVEMBER 1930,
ADALAH ALLAH YANG HIDUP DAN MENJELMA MANUSIA, YANG
DISEBUT YAH,
YAITU MESIAS KULIT HITAM YANG
AKAN MEMIMPIN BANGSA-BANGSA YANG BERASAL DARI AFRIKA DI
SELURUH DUNIA UNTUK MASUK KE TANAH PERJANJIAN YANG PENUH DENGAN EMANSIPASI DAN KEADILANILAHI,
MESKIPUN SEBAGIAN MANSIONS TIDAK
MENERJEMAHKANNYA SECARA HARAFIAH. INI SEBAGIAN DISEBABKAN OLEH
GELARNYA RAJA DI ATAS SEGALA RAJA, TUHAN DARI SEGALA
TUHAN DAN SINGA PENAKLUK DARI SUKU YEHUDA. GELAR-GELAR INI SESUAI
DENGAN MESIAS YANG DISEBUTKAN DALAM KITAB WAHYU.
Namun, menurut tradisi Ethiopia,
gelar-gelar ini diberikan kepada semua kaisar dari garis keturunan Salomo sejak
tahun 980 SM — jauh sebelum Kitab Wahyu ditulis pada sekitar 97 M. Menurut
beberapa tradisi, Haile Selassie adalah raja Ethiopia ke-225 dalam sebuah garis
keturunan yang tidak pernah terputus sejak Raja Salomo pada
masa Alkitab dan Ratu Syeba. Mazmur87:4-6
juga dipahami meramalkan penobatan Haile Selassie I.
Pada abad ke-10 SM,
Dinasti Salomo di Ethiopia didirikan
oleh Menelik I,
anak Salomo dan Ratu Syeba,
yang pernah mengunjungi Salomo di Israel. 1 Raja-raja 10:13
mengklaim "RAJA SALOMO MEMBERIKAN KEPADA RATU NEGERI SYEBA SEGALA YANG
DIKEHENDAKINYA DAN YANG DIMINTANYA, SELAIN APA YANG TELAH DIBERIKANNYA
KEPADANYA SEBAGAIMANA LAYAK BAGI RAJA SALOMO. LALU RATU ITU BERANGKAT PULANG KE
NEGERINYA BERSAMA-SAMA DENGAN PEGAWAI-PEGAWAINYA." Berdasarkan Kebra Negast, KAUM
RASTA MENAFSIRKAN BAHWA AYAT INI MENUNJUKKAN BAHWA RATU SYEBA HAMIL DENGAN ANAK
SALOM, DAN DARI SINI MEREKA MENYIMPULKAN BAHWA ORANG-ORANG KULIT HITAM ADALAH
KETURUNAN SEJATI ISRAEL, ATAU ORANG YAHUDI. ORANG-ORANG YAHUDI HITAM BETA ISRAEL TELAH
HIDUP DI ETHIOPIA SELAMA BERABAD-ABAD, TERPUTUS DARI SISA YUDAISME. KEBERADAAN
MEREKA MEMBUAT ORANG YAKIN DAN MENDORONG PARA RASTAFARI PERDANA, DAN
MENGESAHKAN KEYAKINAN MEREKA BAHWA ETHIOPIA ADALAH SION.
SEBAGIAN KAUM RASTA
YANG ORTODOKS MENGECAM REGGAE SEBAGAI SUATU BENTUK MUSIK KOMERSIAL DAN
"PENJUALAN DIRI KEPADA BABEL". BAGI YANG LAINNYA, INI ADLAAH
"MUSIK TAKHTA YAH".
Rastafari
pada masa kini
Pada akhir abad ke-20,
kaum PEREMPUAN TELAH MEMAINKAN PERANAN YANG LEBIH PENTING DI DALAM GERAKAN
RASTAFARI. Pada tahun-tahun awalnya, kaum perempuan yang sedang datang bulan
harus takluk kepada suami mereka dan dikeluarkan dari upacara-upacara keagamaan
dan sosial. Pada umumnya, kaum perempuan merasakan kebebasan yang lebih besar
sekarang dalam mengungkapkan diri mereka. Dengan demikian mereka pun
menyumbangkan PERANAN YANG LEBIH BESAR PULA KEPADA AGAMA INI.
Rastafari BUKANLAH
SEBUAH AGAMA YANG SANGAT TERORGANISASI. MALAH, SEBAGIAN KAUM RASTA MENGATAKAN
BAHWA ITU SAMA SEKALI BUKAN "AGAMA", MELAINKAN SUATU "JALAN
KEHIDUPAN". KEBANYAKAN KAUM RASTA TIDAK MENGIDENTIFIKASIKAN DIRINYA DENGAN
SEKTE ATAU DENOMINASI APAPUN, MESKIPUN ADA TIGA ISTANA RASTAFARI YANG
TERKEMUKA: NYAHBINGHI, BOBO ASHANTI DAN KEDUABELAS SUKU ISRAEL. DENGAN
MENGKLAIM YAH SEBAGAI YESUS YANG
DATANG KEDUA KALINYA, RASTAFARI ADALAH SEBUAH GERAKAN AGAMA BARU YANG MUNCUL
DARIAGAMA KRISTEN, SEPERTI HALNYA AGAMA
KRSITEN MUNCUL DARI YUDAISME.
Pada 1996,
gerakan Rastafari di seluruh dunia mendapatkan status konsultatif dari Perserikatan Bangsa-bangsa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar